PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN - SD Kelas 3

(Part 1)

1.   Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal ...
      a. 27 Oktober 2011
      b. 28 September 1930
      c. 29 November 1945
      d. 28 Oktober 1928

2.   Sumpah pemuda diadakan dengan tujuan untuk ...
      a. Mendapat kemerdekaan
      b. Kebahagiaan bersama
      c. Mempersatukan tekad para pemuda
      d. Merusak persatuan

3.   Perjuangan pemuda sebelum sumpah pemuda sering gagal, karena ...
      a. Kurangnya biaya
      b. Kurangnya persatuan dan kesatuan
      c. Tidak adanya kendaraan perang
      d. Belum ada presiden yang memimpin

4.   Sikap yang dapat merusak persatuan dan kesatuan adalah ...
      a. Hanya mengutamakan kepentingan pribadi
      b. Tidak mau menyumbang
      c. Rela berkorban
      d. Bersemangat tinggi

5.   Kita akan memperingati hari Sumpah Pemuda pada tanggal ...
      a. 28 September
      b. 30 Agustus
      c. 28 Oktober
      d. 27 November

6.   Makna satu nusa dalam sumpah pemuda berarti ...
      a. Kita seluruh siswa adalah satu dalam ruang kelas
      b. Kita yang berbeda suku, adat istiadat merupakan satu kelompok yaitu
          suku bangsa indonesia
      c. Perbedaan suku bangsa harus ditunjukkan
      d. Suku bangsa kita harus lebih baik dari yang lain

7.   Cara untuk menghargai keragaman suku di sekitar kita adalah dengan ...
      a. Menjadi yang paling baik
      b. Menonjolkan kelebihan suku sendiri
      c. Menghina suku lain karena merasa lebih baik
      d. Hidup berdampingan dengan rukun

8.   Contoh sikap bangga menjadi bangsa Indonesia ialah ...
      a. Belajar giat untuk membangun bangsa
      b. Sering bolos sekolah
      c. Menyontek ketika ulangan
      d. Memberi bu guru kue sebelum ulangan

9.   Organisasi-organisasi pemuda dibentuk dengan tujuan untuk ...
      a. Mengadakan pemberontakan di daerah
      b. Menjalin persatuan dan kesatuan sesama pemuda di daerah
      c. Membantu kawanan penjajah di nusantara
      d. Menjalin kelompok pemuda yang mandiri

10.   Anggota organisasi dari Jong Java adalah para ...
        a. Pemuda Jawa
        b. Pelajar dan pemuda Banjar
        c. Pelajar dan pemuda Ambon
        d. Pelajar dan pemuda Sulawesi

11.   Sumpah pemuda dipelopori ...
        a. kaum bangsawan
        b. tokoh masyarakat
        c. pemuka agama
        d. para pemuda 

12.   Organisasi Jong Ambon berasal dari ...
        a. Sulawesi Utara
        b. Kalimantan
        c. Ambon
        d. Sumatra

13.   Untuk menunjukan bahwa kamu bangga menjadi anak Indonesia, kecuali ...
        a. Rajin belajar
        b. Selalu giat mengerjakan piket kelas
        c. Tidak aktif dalam kegiatan ekstra kuikuler
        d. Aktif dalam kegiatan di lingkunganmu

14.   Kongres Pemuda 1 diadakan pada tanggal ...
        a. 30 Maret – 2 April 1926
        b. 30 Februari -1 Maret 1926
        c. 30 April – 2 Mei 1926
        d. 30 April 1926

15.   Kongres Pemuda 1 diadakan dengan tujuan untuk ...
        a. Menanamkan rasa persatuan dan kesatuan pada pemuda
        b. Mengumpulakan uang untuk biaya perjuangan
        c. Membangun markas perang
        d. Mengumpulkan orang-orang yang kuat

16.   Kongres Pemuda II diadakan pada tanggal ...
        a. 30 Oktober 1928
        b. 28 Oktober 1928
        c. 30 September 1928
        d. 27 September 1928

17.   Kongres Pemuda II dilaksanakan di kota ...
        a. Surabaya
        b. Jakarta
        c. Ambon
        d. Semarang

18.   Dalam kongres Pemuda II menghasilkan rumusan tentang ...
        a. Pancasila
        b. Undang-Undang
        c. Piagam Jakarta
        d. Sumpah Pemuda

19.   Isi Sumpah Pemuda sesuai dengan rumusannya terdapat ... butir.
        a. Satu
        b. Dua
        c. Tiga
        d. Empat

20.   Salah satu isi sumpah pemuda berbunyi:
        "kami putra putri indonesia mengaku berbahasa satu ..."
        a. Bahasa Indonesia
        b. Bangsa Indonesia
        c. Tanah Air Indonesia
        d. Tanah air bersama

21.   Ketiga isi sumpah pemuda menjelaskan tentang ...
        a. Sumpah untuk memiliki tanah air, bangsa, dan bahasa yang satu yaitu Indonesia
        b. Sumpah untuk memiliki bermacam-macam tanah air, bangsa dan bahasa
        c. Sumpah para pemuda untuk menjadi bangsa yang kuat.
        d. Sumpah untuk melindungi seluruh rakyat

22.   Yang disebut sebagai bahasa persatuan adalah bahasa ...
        a. Madura
        b. Indonesia
        c. Inggris
        d. Jawa

23.   Arti bhineka tunggal ika adalah ...
        a. Berbeda-beda dalam hal agama
        b. Berbeda dalam hal bahasa
        c. Berbeda-beda tapi tetap satu
        d. Berbeda dan banyak ragamnya

24.   Tokoh-tokoh yang berperan dalam sumpah pemuda adalah ...
        a. Soegondo, Soekarno, Hatta
        b. Soegondo, Mr. Sartono
        c. Soegondo, Sutaji, Sartono, M. Yamin
        d. Wage Rudolf Supratman, Soegondo Djojopuspito

25.   Toko yang telah menciptakan lagu Indonesia Raya adalah ...
        a. Sugondo Djojopuspito
        b. Wage Rudolf Supratman
        c. Soeharto
        d. Soekarno

26.   Dalam Sumpah Pemuda, Wage Rudolf Supratman berperan dalam ...
        a. Menjadi pemimpin para pemuda
        b. Membacakan teks sumpah pemuda
        c. Ikut berjuang melawan penjajah
        d. Menciptakan lagu Indonesia Raya

27.   Wage Rudolf Supratman dilahirkan di ...
        a. Jatinegara
        b. Jayakarta
        c. Jepara
        d. Jogja

28.   Cara kita berterimakasih pada para pejuang adalah ...
        a. Melupakakan karena sudah terlalu lama
        b. Mengirimkan makanan
        c. Mendoakan para pejuang bangsa
        d. Memasang namanya di dalam kamar

29.   Sikap yang dapat kita contoh dari para tokoh sumpah pemuda adalah ...
        a. Menonjolkan prestasi pribadi
        b. Tidak peduli pada nasib pemuda lainnya
        c. Membeda-bedakan antara satu sama lain
        d. Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan

30.   Salah satu wujud pengalaman nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
        adalah ...
        a. Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan sopan
        b. Menganggap suku, adat, dan agamanya yang paling benar
        c. Membiarkan teman yang dalam kesulitan
        d. Menganggap golonganya paling benar

31.   Berikut pengalaman nilai sumpah pemuda di lingkungan keluarga adalah ...
        a. Merebut mainan adik hingga adik menangis
        b. Menghindari pertengkaran antar anggota keluarga
        c. Membiarkan ibu membersihkan rumah sendiri
        d. Menghindari pekerjaan yang ditugaskan kepada kita

32.   Wujud pengalaman sumpah pemuda di lingkungan keluarga adalah ...
        a. Melaksanakan tugas piket dengan sesuka hati
        b. Melaksanakan upaya untuk membuat keributan di kelas
        c. Melaksanakan upacara bendera dengan tertib
        d. Merebut uang saku teman untuk membuatnya marah

33.   Salah satu pengalaman nilai sumpah pemuda di lingkungan masyarakat adalah ...
        a. Memilih teman sesuai dengan persamaan wilayah tempat tinggal
        b. Aktif dalam membuat perpecahan di kalangan masyarakat
        c. Aktif dalam kegiatan karang taruna
        d. Aktif dalam kegiatan pemberontakan

34.   Manfaat adanya sumpah pemuda bagi para siswa adalah ...
        a. Mempertajam permusuhan dan pertentangan
        b. Mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan
        c. Merusak arti persahabatan dan pertemanan
        d. Mempererat persengkongkolan tiap kelompok

35.   Dampak tidak adanya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
        adalah ...
        a. Menimbulkan kesan buruk terhadap suatu bangsa
        b. Mempermudah jalannya pemerintahan
        c. Mempermudah tujuan bangsa
        d. Menimbulkan perpecahan dalam suatu bangsa dan negara

36.   Dengan adanya norma, kehidupan jadi ...
        a. sulit
        b. rumit
        c. harmonis
        d. berantakan

37.   Jika masyarakat tidak menaati norma yang berlaku, maka kehidupan akan ...
        a. teratur
        b. berantakan
        c. harmonis
        d. religius

38.   Norma harus ditaati dengan rasa ...
        a. iklas
        b. terpaksa
        c. sedih
        d. apa adanya

39.   Norma adalah ...
        a. aturan yan berlaku di masyarakat
        b. aturan yang mengatur tata tertib sekolah
        c. aturan di rumah
        d. aturan dalam permainan sepak bola

40.   Aturan yang berumber dari hati nurani adalah ...
        a. norma kesusilaan
        b. norma kesopanan
        c. norma agama
        d. norma hukum

41.   Aturan yang bersumber dari pergaulan dan pertemanan adalah ...
        a. norma kesusilaan
        b. norma kesopanan
        c. norma agama
        d. norma hukum

42.   Aturan yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa adalah ...
        a. norma kesusilaan
        b. norma kesopanan
        c. norma agama
        d. norma hukum

43.   Aturan yang dibuat oleh aparat berwenang adalah ...
        a. norma kesusilaan
        b. norma kesopanan
        c. norma agama
        d. norma hukum

44.   Norma di masyarakat terdiri dari ...
        a. Norma kesusilaan, norma kesopanan, norma hukum, norma agama
        b. Norma ketuhanan, norma pancasila, norma hukum, norma kemanusiaan
        c. Norma kegamaan, norma pancasila, norma kesusilaan, norma hukum
        d. Norma pancasila, norma hukum, norma kesusilaan, norma agama

45.   Sumpah pemuda diperingati setiap tanggal ...
        a. 28 Oktober
        b. 28 September
        c. 17 Agustus
        d. 31 September

46.   Kongres Pemuda II berlangsung di ...
        a. Surabaya
        b. Jakarta
        c. Jogja
        d. Bali

47.   Pada Kongres Pemuda II pertama kali diperdengarkan lagu ...
        a. Indonesia Raya
        b. Rayuan Pulau Kelapa
        c. Dari Sabang Sampai Merauke
        d. Apuse

48.   Yang menciptakan lagu Indonesia Raya ...
        a. W.R. Supratman
        b. K.H. Muzakar
        c. C. Simanjuntak
        d. Ibu Sud

49.   Jong Java merupakan perkumpulan pemuda yang berasal dari ...
        a. Jawa
        b. Sulawesi
        c. Sumatera
        d. Batak

50.   Inti dari Sumpah Pemuda adalah ...
        a. merdeka atau mati
        b. satu jiwa satukan raga
        c. satu nusa, satu bangsa, satu bahasa
        d. indonesia tanah airku

51.   Wage Rudolf Supratman menciptakan lagu kebangsaan yang berjudul ...

52.   Sumpah pemuda adalah sumpah yang diucapkan oleh ...

53.   Organisasi Jong Minahasa berasal dari ...

54.   Tokoh pemuda yang memimpin kongres pemuda II adalah ...

55.   Makna sumpah pemuda harus dipahami oleh ...

56.   Kami putra dan putri indonesia mengaku berbangsa satu ...

57.   Bersatu kita teguh bercerai kita ...

58.   Wage Rudolf Supratman dimakamkan di kota ...

59.   Berbicara dengan suku yang lain sebaiknya menggunakan bahasa ...

60.   Inti sumpah pemuda adalah satu nusa, satu bangsa dan satu ...

61.   Jelaskan hubungan sumpah pemuda dengan kemerdekaan RI!

62.   Kapan lagu Indonesia Raya pertama kali dinyanyikan?

63.   Jelaskan makna satu bahasa menurut kalian!

64.   Tuliskan 3 isi sumpah pemuda yang kalian ketahui!

65.   Mengapa kalian harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa?

66.   Jong Minahasa berasal dari ...

67.   Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal ...

68.   Lagu Indonesia raya diciptakan oleh ...

69.   Alat musik pengiring lagu Indonesia raya pada kongres pemuda II adalah ...

70.   Aturan yang mengatur pergaulan laki-laki dan perempuan adalah norma ...

71.   Terhadap yang lebih tua kita harus menghormati adalah norma ...

72.   Jika melihat nenek-nenek hendak menyebrang jalan maka kita harus ...

73.   Yang melanggar lalu lintas akan ditilang, merupakan contoh dari norma ...

74.   Sekalipun berbeda-beda suku kita tetap ...

75.   Lagu kebangsaan kita adalah ...

76.   Sebutkan 3 organisasi pemuda yang mengikuti kongres pemuda II di Jakarta!

77.   Tanggal berapakah kongres pemuda II di Jakarta dilaksanakan?

78.   Apa yang dimaksud dengan norma?

79.   Berikan contoh dari norma kesusilaan, norma kesopanan, norma agama, dan norma hukum!

80.   Tuliskan bunyi sumpah pemuda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon jangan jualan atau beriklan di sini yaa.. :) terima kasih..